Selain Bunaken dan Wakatobi, Berikut Pulau Eksotis di Sulawesi

Pulau Samalona di Sulawesi. (Istockphoto/TravellersID)

Detiknewsocean.com ~ Sulawesi, dahulu dikenal sebagai Celebes, yang merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar, dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia, yang terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina. 

Sulawesi adalah sebuah kawasan yang tidak ada bandingannya di Indonesia, bahkan dunia. Tempat ini menjadi rujukan wisatawan di seluruh dunia, khususnya yang mengincar aspek maritim atau bawah laut.

Selama ini Bunaken dan Wakatobi sudah menjadi magnet bagi wisatawan, padahal Sulawesi masih memiliki banyak pulau yang tak kalah menarik.

Melansir dari CNN, Jumat (20/09/19), Lima pulau eksotis di Sulawesi ini tentu saja ini tidak cukup mewakili keindahan bahari Sulawesi tapi setidaknya bisa menjadi alternatif untuk berlibur:

1. Lembeh, Sulawesi Utara

Terletak di Kota Bitung, Lembeh kini menjelma jadi destinasi favorit di Provinsi Sulawesi Utara. Untuk mencapai tempat ini perlu waktu sekitar 60 menit perjalanan darat dari Manado.

Tempat ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tak terbantahkan, ada lebih dari 90 titik penyelaman yang dihuni oleh ribuan spesies.

Lembeh, Sulawesi Utara (jejakpiknik)

2. Samalona, Sulawesi Selatan

Samalona terletak begitu jauh dari Kota Makassar, pulau ini menyajikan pemandangan hamparan laut biru dan pasir putihnya. Dari Makassar, hanya perlu waktu 30 menit menggunakan perahu motor untuk mencapai Samalona.

Lokasi yang mudah dicapai dan dekat dengan ibu kota membuat Pulau Samalona sangat dikenal oleh para wisatawan.

Pulau ini memang berukuran kecil, namun banyak sekali pengunjung memanfaatkan waktu untuk snorkeling dan diving karena pulau ini menyimpan banyak keindahan ragam alam bawah laut di dalamnya.

Karang di Samalona. (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)

3. Lihaga, Sulawesi Utara

Lihaga memang tak setenar Bunaken atau Lembeh, tapi pemandangan yang disuguhkan oleh pulau ini tidak kalah menarik. Bahkan akan memberikan pengalaman yang unik bagi siapa pun yang gemar bertualang ke pulau yang tidak berpenghuni.

Pulau Lihaga kerap dianggap seperti Maladewa-nya Indonesia Timur, karena keasrian pulau yang masih sangat terjaga.

Keindahan Pantai Lihaga - Sulawesi Utara. credit photo: celebesnews.id

4. Liukang Loe, Sulawesi Selatan

Pulau ini terletak di sekitaran depan kawasan Tanjung Bira, di Kabupaten Bulukumba. Jarak tempuh dari Makassar ke Tanjung Bira memakan waktu lima jam.

Liukang Loe merupakan tempat terbaik untuk melakukan snorkeling, karena memiliki keindahan alam bawah lautnya. Tak hanya itu saja, keistimewaan kawasan pulau ini adalah penangkaran penyu.

Penamaan dari Bahasa Konjo yang berarti Liu-Liukang = Kayu Hitam dan Loe = Banyak, di mana memang sesungguhnya dapat ditemukan pada waktu itu banyak kayu hitam di pulau tersebut. (Poto: travellink-indonesia)

5. Kambing, Sulawesi Selatan

Pulau Kambing, Tanjung Bira Surga Lain Bagi Para Penikmat Bawah Laut (Poto: Anggey/IndonesiaKaya)

Pulau eksotis kelima di Sulawesi masih berada di sekitar Tanjung Bira, yakni Pulau Kambing yang memiliki pesona yang tak kalah indahnya dari Pulau Liukang Loe.

Tebing-tebing yang terjal di sekitar pulaunya menjadikan pulau ini sangat terlihat eksotis. Wisatawan bisa melihat panorama laut yang indah dari menaiki tebing ini.

Pulau Kambing juga merupakan tempat terbaik untuk melakukan snorkeling dan diving dengan air laut kristal nya.

Anda akan menemukan ikan-ikan badut yang banyak berkeliaran di dalam laut. Yang unik dari pengalaman ini adalah Anda juga bisa menemukan beberapa hiu yang sedang bersembunyi di balik batu karang.

Lihat juga:
Berikut: Kenali Risiko dan Gejala Toksoplasma pada Ibu Hamil
Kenali: Gejala, Obat, dan Pencegahannya dari Penyakit Malaria
Berikut Wajib Diketahui dari Fungsi Darah Pada Manusia dan Jenis-jenis Sel Darah
Sejarah, Slovenia Tunjuk Pertama Kali Perempuan Jadi Panglima Militer
Mengenal Faktor dan Pencegahan Jenis Penyakit Langka "Multiple Sklerosis"

Mengenal Diabetes Mellitus, Gejala, Pencegahan, & Mitos-Mitosnya

(CNN/agr/ard)

Subscribe to receive free email updates: