Kemenkeu Raih 'PR on Shoestring dan Public Sector' Penghargaan Humas Internasional dari IPRA

Kemenkeu Raih 'PR on Shoestring dan Public Sector' Penghargaan Humas Internasional dari IPRA
Kemenkeu kembali meraih Golden World Awards. Penghargaan diserahkan oleh Presiden IPRA, Svetlana Stavreva dan The Deputy Chairman of the State Revenue of Armenia, Mikayel Pashayan di Yerevan, Armenia pada Jumat, (27/09).

Jakarta, Detiknewsocean.com ~ Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali meraih Golden World Awards dalam acara penghargaan kehumasan tingkat internasional yang diselenggarakan oleh International Public Relations Association (IPRA).

Setelah tahun 2018 lalu memperoleh satu penghargaan Gold, pada tahun 2019 ini, Kementerian Keuangan berhasil meraih dua penghargaan Gold di dua kategori, yaitu PR on Shoestring dan Public Sector.

Penghargaan diserahkan oleh Presiden IPRA, Svetlana Stavreva dan The Deputy Chairman of the State Revenue of Armenia, Mikayel Pashayan di Yerevan, Armenia pada Jumat, (27/09).

Sebagai informasi, PR on Shoestring merupakan kategori kampanye kehumasan dengan anggaran terbatas yang berhasil diraih oleh program kehumasan penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel seri SBR003 dan SBR004 yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR).

Sebagai bagian dari upaya untuk memperdalam pasar keuangan dan memperluas basis investor dalam negeri, DJPPR menerapkan dua inovasi penjualan SBN ritel, yaitu dengan menggunakan sistem online dan penurunan nominal investasi dari Rp5 juta menjadi Rp1 juta.

Dua inovasi tersebut tidak hanya berhasil meningkatkan jumlah investor dalam negeri, khususnya generasi milenial hingga tiga kali lipat tetapi juga meningkatkan kontribusi investor di Indonesia Bagian Timur.

Sementara itu, kategori Public Sector diraih oleh program kehumasan kampanye e-Filing sebagai Embracing Technology to Elevate Tax Revenue yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Kemudahan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak (SPT) dengan menggunakan sistem online berhasil mengubah perilaku Wajib Pajak (WP) untuk melaporkan SPT via e-Filing dari 23,17% pada tahun 2015 menjadi 91,4% pada tahun 2019.

Sebagai informasi, pada tahun 2018, DJP Kemenkeu juga berhasil memenangkan Golden World Awards untuk kategori Public Sector melalui program kehumasan Amnesti Pajak.

Lihat juga:

(Kemenkeu/nr/ds)

Subscribe to receive free email updates: