Warren Buffett: Anda Tak Bisa Dapatkan Bayi Sebulan Dengan Menghamili 9 Wanita

Warren Buffett: Anda Tak Bisa Dapatkan Bayi Sebulan Dengan Menghamili 9 Wanita
ILUSTRASI. Investor kawakan Warren Buffett dicintai investor karena kutipannya yang berharga. (Photo by REUTERS/Rick Wilking)

Jakarta, Detiknewsocean.com ~ Kutipan Warren Buffett menangkap esensi dari pendekatannya dalam berinvestasi dan kehidupan. Itu sebabnya banyak investor yang mencintai Buffett.

Sepertinya tidak berlebihan jika dikatakan, "Ketika dia berbicara, orang-orang mendengarkan". Kutipan terkenal Buffett biasanya berisi tentang kehidupan, investasi, kesuksesan, kepemimpinan, emosi, dan uang diakui di seluruh dunia.

Mengapa banyak orang yang sangat menyukai kutipannya?

Karena dia membangun kekayaannya dalam jangka panjang hingga nilainya lebih dari US$ 80,9 miliar (2019). Dengan jumlah itu, dia menjadi salah satu orang terkaya di Amerika. Sebagai CEO dari Berkshire Hathaway, Warren hidup dengan seperangkat nilai tertentu yang ia gunakan untuk berinvestasi dan membuat keputusan hidup lainnya. Pendekatannya terhadap saham dapat diidentifikasi di seluruh kutipan investasinya yang terkenal.

Salah satu yang terkenal adalah:

"Tidak peduli seberapa hebat bakat atau usahanya, beberapa hal membutuhkan waktu. Anda tidak dapat menghasilkan bayi dalam sebulan dengan membuat sembilan wanita hamil".

Maksud dari kutipan ini adalah berinvestasi ibarat menabur benih. Hasilnya tidak akan langsung terlihat, melainkan selama periode waktu tertentu hasilnya akan layak untuk ditunggu.

Sebagian besar investor melihat pasar saham sebagai tempat di mana kekayaan dapat diciptakan dalam waktu singkat. Tidak ada yang jauh dari kebenaran. Berinvestasi bukanlah peretasan atau pertunjukan yang akan menghasilkan pengembalian keuntungan besar dalam waktu singkat.

Pasar saham adalah mesin peracikan yang hebat, tetapi untuk itu Anda harus meluangkan waktu dan bersabarlah dengan investasi Anda. Memikirkan saham sebagai tiket lotre adalah kesalahan terbesar yang bisa dilakukan investor.

Setiap saham adalah bagian kepemilikan dalam bisnis. Jika bisnis berjalan dengan baik, saham pada akhirnya akan mengikuti. Ada sedikit yang bisa Anda raih meskipun Anda berusaha keras. Cara terbaik untuk menjadi kaya dengan berinvestasi adalah dengan membeli saham yang tepat, dan memberinya waktu untuk tumbuh dan berkembang selama bertahun-tahun.

Warren buffett juga mengatakan Anda tidak perlu melakukan apa pun di luar kotak (out of the box) untuk menjadi sukses. Cukup ikuti aturan sederhana, dan bersabarlah, dan itu bahkan tidak membutuhkan upaya besar.

Lihat juga:

(Kontan/ Barratut Taqiyyah Rafie)

Subscribe to receive free email updates: