"Tak Ubah Dengan Bali" Watu Karung, Pantai Surfing Berombak Ekstrem di Pacitan

"Tak Ubah Dengan Bali" Watu Karung, Pantai Surfing Berombak Ekstrem di Pacitan
Surfing di Pantai Watu Karung, Pacitan, Jawa Timur. (Screenshot via Web wisataunik)

Detiknewsocean.com
|
Tak kalah dengan Bali, Pulau Jawa juga memiliki banyak destinasi berselancar yang menantang. Selain di Pantai Plengkung di Banyuwangi dan Pantai Cimaja di Pangandaran, salah satu spot surfing yang ramai didatangi turis lokal dan mancanegara ialah Pantai Watu Karas di Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Serau dan Pantai Pancer menjadi dua lokasi terbaik untuk surfing di Pacitan. Peselancar pemula dan profesional disebut banyak yang menunggangi ombak di sini.

Namun untuk peselancar profesional yang ingin merasakan gulungan ombak lebih ekstrem bisa menuju ke Pantai Watu Karung.

Ombak di Pantai Watu Karung bisa mencapai empat meter. Itu dikarenakan posisi pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Menantangnya ombak di sini membuat World Surf League memilih Pantai Watu Karung sebagai salah satu lokasi ajang lomba Liga Surfing Dunia pada tahun 2017.

Mengutip dari Pesona Indonesia, ombak yang ada di pantai ini bertipe reef break. Di saat tertentu, ombak bisa bergulung dengan tipe barrel.

Tak cuma surfer, bodyboarder juga banyak yang datang ke sini untuk mencicipi ombak Pantai Watu Karung.

Letak Pantai Watu Karung memang lebih terpencil dibandingkan Pantai Serau atau Pantai Pancer. Tepatnya di Dusun Ketro, Kecamatan Pringkuku.

Untuk bisa menuju ke sini, turis membutuhkan waktu kurang lebih 45 perjalanan kendaraan bermotor dari pusat kota Pacitan.

Tak perlu khawatir kelaparan atau kehausan. Meski berada jauh di pelosok, namun di sepanjang Pantai Watu Karung sudah banyak rumah makan dan warung yang berdiri.

Jika ingin berlama-lama surfing di sini, tersedia juga penginapan dengan beragam harga.

Lihat juga:

(CNN/Ard)
Editor: Rianto

Subscribe to receive free email updates: