Strategi Jokowi Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Ancaman Perlambatan Global

Presiden Joko Widodo membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Selasa (11/2/20). (Photo: Inapos)

Jakarta ~ Detiknewsocean.com | Presiden Joko Widodo meminta para menteri agar mempercepat belanja kementerian dan lembaga untuk mengantisipasi pelemahan ekonomi global.

Dengan percepatan belanja, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pasalnya saat ini ekonomi dunia dinilai masih mengalami ketidakpastian dan dapat menekan perekonomian Indonesia.

"Dalam situasi sekarang, percepatan kita membelanjakan anggaran yang ada di setiap kementerian seawal mungkin jadi sebuah pengungkit bagi meredupnya ekonomi global," ujar Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Selasa (11/2/20).

Jokowi melanjutkan, saat ini, kondisi ekonomi global sedang tidak bersahabat. Selain itu, penyebaran virus corona dikhawatirkan akan berpengaruh pada ekonomi global.

Oleh karena itu, belanja kementerian dan lembaga diharapkan dapat mendongkrak konsumsi dalam negeri. Terlebih lagi program yang berkenaan langsung dengan masyarakat.

"Kementerian sosial telah membelanjakan PKH itu akan sangat membantu. Dana desa itu bisa langsung segera direalisasikan sehingga desa-desa daya beli konsumsinya juga akan tidak terganggu," jelas Jokowi.

Belanjan yang berkaitan dengan belanja modal langsung diharapkan segera direalisasikan. Jokowi meminta hal tersebut dilakukan sebelum akhir Februari.

Lihat juga:
Jalan Tol Manado–Bitung 39,9 Km Akses Industri dan Pariwisata di Sulut, Beroperasi April 2020
International Budget Forum: Cara Merancang Kebijakan Penerimaan Negara dari Sektor Pelabuhan
Jalan Tol Trans Jawa Merek Banyuwangi, Dukung Geliat Ekonomi di Jawa Timur
2 Kunci Ekonomi Indonesia Tetap Tahan Banting Hadapi Ekonomi Global
Warren Buffett: Anda Tak Bisa Dapatkan Bayi Sebulan Dengan Menghamili 9 Wanita
Korindo Ajari Masyarakat Papua Bercocok Tanam, Dukung Kemandirian Ekonomi

Abdul Basith/Nasional.kontan.co.id
Editor: Rianto

Subscribe to receive free email updates: